Minggu, 23 Mei 2010

Kampung Batik: Inside Laweyan, Kauman and Jetis


Kampung batik, sesuai dengan namanya, kampung yg mem"batik", kampung yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian dalam pembatikan. Contoh saja yang pernah aku kunjungi, laweyan dan kauman di Solo atau Jetis di Sidoarjo.

Usaha batik juga susah-susah gampang. Selain perlu jumlah karyawan yang banyak plus ketrampilan segudang, juga harus tahan banting sama perekonomian dijamannya. Sebut saja di kampung batik Jetis Sidoarjo. Sudah berdiri sejak 1675, tetapi sempat "mati" karena pada saat itu motif batik Jetis dijiplak oleh daerah lain dan bermunculan batik-batik sablon dan printing yang harganya jauh lebih murah.
 

Asal muasal kampung-kampung batik ini juga beragam. Kampung batik Laweyan muncul karena didaerahnya terdapat pusat perdagangan dan dekat dengan sungai yang menjadi bandar atau lalu-lalang transportasi jaman dulu. Kauman konon mencanting batik hanya untuk kalangan keraton. Lain Laweyan dan Kauman, lain juga Jetis. Kampung batik ini dulunya sama seperti kampung-kampung lainnya, tapi disini semua masyarakatnya dari yang muda sampai yang tua sudah punya tradisi memakai jarik atau sarung dari batik. 


Dari sini aku sadar, dan merasa bersalah membeli batik-batik sablon. Karena ternyata filosofi membatik itu sungguh dalam. T_T

b
========================================================
Referensi:
========================================================
Salam batik,,

 ========================
 

3 komentar:

  1. weheeee skan apdet.
    skan, gambar terakhir yang BW itu bukannya laweyan ya? soalnya aku pernah ke jetis, tapi nggak nemu lorong kayak gitu deh.
    trus, kenapa di akhir tulisan ada fotomu yang segede gaban? huahahahaa

    BalasHapus
  2. hahaha..
    iya yoz, ini kan ngebandingin jetis n kampung batik laennya..jd ya ada laweyan jg..tp sayang yg kauman g ada fotonya..(masi di irma)
    hehehe, biarin..aq males ngedit2 lg yoz..

    BalasHapus
  3. ga pa-pa, skan... foto kita juga penting untuk dipajang segede-gedenya hehehe...

    BalasHapus